Arsip Blog

Karakteristik Penelitian Kuantitatif

Adapun karateristik penelitian kuantitatif adalah:
1. Instrumen Pengumpulan Data
Pada penelitian ini instrumen data berupa tes tertulis, kuesioner,dan kolom-kolom pengamatan yag dibantu dengan alat tulis. Peneliti dapat menugaskan sejumlah enumerator (petugas pengumpul data). Karena data yang akan dikumpulkan serta isntrumen yang digunakan sudah baku. Insturmen penelitiannya telah disiapkan sebelumnya, sehingga tidak mungkin untuk melakukan perubahan.

2. Data Dapat Diobservasi Dan Diukur
Dalam penelitian kuantitatif, analisis datanya menggunakan proses matematik yang disebut prosedur statistik, seperti menyediakan informasi untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian.

3. Rancangan Penelitian atau Desain
Dipakai untuk menuju pada rencana penelitian tentang bagaimana ia akan melaksanakan penelitian. Dalam hal ini termasuk di dalamnya langkah-langkah/prosedur, yang terdiri dari :
pengumpulan data
menganalisis dan melaporkan hasil penelitian.

4. Jumlah Subjek Banyak
Semakin banyak subjek (anggota sampel) yang diteliti semakin kuat keabsahan jeneralisasi

5. Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuabtitatif
a.Dari segi teknik, masing-masing memberikan pada tekanan pada teknik tertentu dalam prosedur, prosedur, pengumpulan data dan analisis data.
b.Dari Segi Kriteria Kualitas, Penelitian Kuantitatif menggunakan kriteria validitas (internal dan eksternal), reliabilitas dan objektifitas untuk menentukan kualitas penelitiannya. Sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan kriteria relevansi dalam menentukan kualitas penelitiannya (apakah yang dilaporkan peneliti sesuai dengan kenyataan)
c.Dari segi sumber teori, Penelitian Kuantitatif teori secara opriori, yaitu menghasilkan hipotesis dan kemudian dilakukan verifikasi. Sedangkan Penelitian Kualitatif, merumuskan teori sejak awal dan bersumber dalam kehidupan nyata.
d.Dari segi maksud, Penelitian kuantitatif tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan melalui pengujian hipotesis yang ditetapkan sebelumnya.sedangkan Penelitian Kualitatif, merumuskan pengetahuan yang belum ada dalam teori yang berlaku
---- Catatanya Didit ( diditnote.blogspot.com )----
Artikel Terkait

3 komentar :

Ikubaru Blogzia mengatakan...

pembahasan dalam skripsi nih, bermanfaat banget buat saya yg beberapa semsetr lagi mau naik skripsi..
Doain ya :)

kunjungi balik ya agar bisa saling bertukar ilmu
blog'a keren nih saya suka

Sriwaty Makarao mengatakan...

Smoga lancar&sukses y..sy jg bru mmpelajari karakteristik pnelitian yg bnyak lupanya teori banyak bget

Sriwaty Makarao mengatakan...

Smoga lancar&sukses y..sy jg bru mmpelajari karakteristik pnelitian yg bnyak lupanya teori banyak bget

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger