Arsip Blog

Karakteristik Dari Air Limbah

Karakteristik dari air limbah
Karakteristik limbah secara umum adalah sebagai berikut:
1. Berukuran kecil (mikro)
2. Dinamis (dapat berpindah)
3. Penyebaran berdampak luas
4. Berdampak jangka panjang

Namun secara khusus karakteristik limbah dapat dijabarkan sebagai berikut.
1. Karakteristik fisik
a. zat padat
Di dalam limbah dapat ditemukan zat padat yang secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu mudah terlarut dan tidak mudah terlarut.
b. Bau
Limbah sering menimbulkan bau. Hal ini dapat dikarenakan adanya gas-gas hasil dekomposisi zat di dalam limbah. Gas yang dapat menimbulkan bau di dalam air antara lain hidrogen sulfida, amonia, dan senyawa organik sulfida.
c. Suhu
Suhu air limbah biasanya lebih tinggi dari pada suhu lingkungan di sekitarnya. Naiknya suhu dapat menimbulkan semakin berkurangnya oksigen, meningkatnya reaksi kimia, dan mengganggu kehidupan organisme lainnya.
d. Warna
Sering kali air limbah memiliki karakteristik warna tertentu, tergantung dari kandungan pada limbahnya. Namun air yang tidak menjadi jaminan kalau air tersebut tidak mengandung limbah.
e. Kekeruhan
air limbah cenderung terlihat keruh. Hal ini dikarenakan adanya zat organik, lumpur, jasad renik, zat lainnya yang mengapung pada air dan tidak segera mengendap.
2. Karakteristik kimia
a. Bahan organik
Dalam air limbah terdapat kandungan berupa karbohidrat sekitar 65%, karbohidrat 25%, dan lemak 10%.
b. BOD (Biologycal Oxygen Demand)
BOD adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme  dalam lingkungan air untuk mengubah bahan organik yang ada di lingkungan air tersebut.  Air buangan dengan kadar BOD tinggi dapat menimbulkan polusi jika langsung dibuang ke air
c. DO (Dissolved Oxygen)
DO dapat disebut juga sebagai oksigen terlarut yang mana merupakan kebutuhan dasar dari kehidupan tanaman dan hewan di dalam air. Air mengandung sekitar 8 ppm oksifen terlarut. Standar minimal oksigen terlarut adalah 5 ppm.
d. COD (chemical Oxygen Demand)
COD adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan-bahan organik secara kimiawi yang terdapat di dalam air dengan sempurna.
e. pH(Puissance d'Hydrogen Scale)
pH adalah ukuran yang menunjukkan kadar asam atau basa dalam suatu larutan. Larutan bersifat netral memiliki pH=7, basa pH>7, asam pH<7. pH air limbah tidak tentu, bisa asam, basa ataupun netral. Hal ini tergantung dari kandungannya.
f. Logam berat
Logam berat yang sering mencemari lingkungan adalah
1. Merkuri (Hg)
2. Timbal (Pb)
3. Arsenik (As)
4. Kadmium (Cd)
5. Tembaga (Cu)
6. Kromium (Cr)
7. Nikel (Ni)
3. Karakteristik biologi
Karakteristik biologi digunakan untuk mengukur kualitas air terutama untuk diminum. Parameter yang digunakan adalah banyaknya mikroorganisme yang terkandung. Dalam air limbah terkandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan penyakit. Bakteri yang digunakan sebagai indikator adalah bakteri E-Coli.
Artikel Terkait

1 komentar :

Fivdika Heiden mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah di pahami. kebutulan kami pun membahas Pengolahan Air Limbah dan merukapan Konsultan Ipal . kunjungin web kami disini

Posting Komentar

Loading...
 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger