Arsip Blog

Macam-Macam Visualisasi Data


Data numerik, skema, gambar umum, tabel, atau bahkan sindiran dan kritik, dapat divisualisasikan dalam bentuk media dua dimensi non projeksi. Yang biasa digunakan antara lain adalah bentuk-bentuk:

a.   Grafik adalah visualisasi data yang menggambarkan hubungan numerik antara dua variabel. Macam-macam grafik antara lain adalah: (1) grafik garis (line graph), (2) grafik batang (bar graph), (3) grafik lingkaran (circle/pie graph), (4) grafik luasan (area graph), (5) grafik solid (solid graph), dan (6) grafik piktorial (pictorial graph).
b.   Diagram adalah berkas garis dan simbol yang dirancang untuk menunjukkan hubungan, gambaran umum, atau ringkasan suatu proses, objek.                   
c. Peta (Chart) yang biasa juga diistilahkan karta, merupakan kombinasi dari piktorial, grafik, numerik, atau material verbal yang bersama­sama akan menunjukkan visuaiisasi yang jelas dan ringkas dari suatu proses atau hubungan. Macam-macam peta (chart), antara lain adalah: (1) peta pohon (tree chart), (2) peta arus (flow chart), (3) peta garis-besar (outline chart), dan  (4). peta tabulasi (tabular chart).
d. Kurtun adalah gambaran piktorial karikatur, simbolisme dan humor. Kartun dapat mengekspresikan ide secara tunggal ataupun secara berurutan yang menggam­barkan suatu ceritera atau dongeng sehing­ga terwujud apa yang sering disebut deng­an komik.
Artikel Terkait

1 komentar :

Ber mengatakan...

Ini sumbernya dari mana Bro? Tolong dikasih

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger